Nonton film Cek Toko Sebelah

Akhirnya film Ernest Prakasa yang ditunggu-tunggu muncul juga di bioskop. Film Cek Toko Sebelah ini merupakan film kedua Ernest dengan genre drama komedi.

Bercerita tentang papinya Erwin (Ernest) dan Yohan (Dion) yang bernama Ko Afuq (Chew Kin Wah) punya toko kelontong di Jakarta dan bersaing dengan toko sebelahnya. Suatu saat, Ko Afuq sakit. Jadinya dia harus pensiun. Rencana Ko Afuq ini toko pengen diurus sama Erwin, padahal Erwin lagi sukses-suksesnya dan pengen kerja di Singapura. Hatinya gak ada di toko. Sedangkan Yohan lebih kepengen ngurus toko malah gak dikasih. Bete-betean pun terjadi.

Kurang lebih itulah inti drama cerita film Cek Toko Sebelah ini. Jujur, walaupun judulnya Cek Toko Sebelah, gak terlalu keliatan cerita persaingannya. Kecuali pas adegan banding-bandingin harga barang dan kompetisi berhadiah 10 juta rupiah. Padahal awalnya sebelum liat trailer film dkk, gue kirain ini film perseteruan antar pedagang dua toko XD

Anyway, terlepas dari inti ceritanya dan dramanya yang bisa bikin nangis sesegukan… (akting Chew Kin Wah pol abis bisa bikin terbawa suasana gini), film ini lebih banyak komedinya. Kocak banget ngeliat akting-akting para komika yang natural abis, baik komika lama hingga komika baru. Porsinya pas dan semuanya menggunakan kesempatan ini dengan baik. Buat penonton yang suka nonton Stand Up Comedy, setiap ada satu komika muncul, pasti langsung reflek ketawa.

Paling suka aktingnya Chew Kin Wah… oke.. gue udah nyebut berapa kali ya? Dari mulai dia seneng, sedih, marah… bener-bener mantab.

Kedua, bosnya Erwin di kantor yang diperankan Asri Pramawati. Aktingnya kocak banget. Apalagi pas nyanyiin theme song Keluarga Cemara dan bilang “katro”.

Ketiga, tentunya kehadiran para komika dan juga Kaesang, anak Presiden Pak Jokowi, yang gak diduga-duga. Kalau gak salah menurut pendapatku, Ernest memberi ruang kepada setiap pemain untuk be themselves. Makanya pada natural aktingnya.

Kalau aktingnya Ernest Prakasa sih udah gak usah dibahas lagi ya.. bagus dan natural juga.

Penulisan script film ini juara. Buat gue sih komedinya cerdas. Banyak yang unpredictable script komedinya. Jadinya mengundang tawa.

Yang pasti nonton film ini perasaan dibuat campur aduk. Ada yang ngereview bagus, ada juga yang ngereview kurang begitu bagus. Balik lagi ke masalah selera.

Kalau buat gue, film Cek Toko Sebelah ini bagus karena masalahnya relate dengan kehidupan sehari-hari. Mulai dari masalah keluarga, kejadian di toko. Sederhana tapi memang kejadian. Dan komedi akan terasa lebih lucu ketika itu kejadian tersebut relate dengan pribadi penontonnya dan masuk akal.

Hanya ada dua pertanyaan yang terlintas di kepala gue dan gak terjawab di film ini buat gue. Sebastian yang diperankan Nino Fernandez itu siapanya Ayu? Keluarga, teman dekat yang pernah nyaris jadi pacar? Mantan pacar? Tiba-tiba nongol nawarin buka toko terus udah.. that’s it. (maaf, spoiler).

Terus cowok yang diperankan Liant Lin ini sebenernya pembantu rumah tangga kah? Soalnya saat pegawai lain dikasih pesangon (maaf, spoiler), dia gak dikasih.

Kalau ada yang baca postingan blog ini dan bisa bantu jawab, mungkin bisa dijawab di bagian comment box.

Anyway, selesai film ini, penonton pada tepuk tangan. Bahkan setelah blooper pun pada tepuk tangan. Dan gue mendengar beberapa orang bilang”rame ya filmnya”. Terbukti film ini berhasil menghibur penonton.

Well done, Ernest Prakasa.

Advertisements

One thought on “Nonton film Cek Toko Sebelah

  1. Saya barusan nonton film ini. Gara gara akting keren Chew Kinwah saya nyampe ke sini. Sama juga saya awalnya ngeraba ceritanya dari judul. Ternyata isinya drama keluarga yang komedi. Atau apa ya istilahnya?Penonton ketawa alami karena mencerna dialog bukan komedi slapsticnya. Abis nonton ini puas. Ngebayangin adegannya masih pengen ketawa. Film begini harus dibiakkan di Indonesia. Makasih ya Ernest

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s