Besarnya Megapixel Kamera HP Gak Menjamin Kualitas Fotonya OK

Setiap kali ada yang bilang,”Gue tertarik beli HP A karena kameranya megapixelnya gede, 13 megapixel”, bawaan gue langsung reflek pengen ngoreksi,”belum tentu megapixelnya gede ngejamin hasil fotonya bagus.”

Megapixel sebuah kamera besar itu sebenarnya hanya buat kalau pengguna suka nyetak foto. Kalau kamera HPnya cuma ada 2 MP, paling bisa buat nyetak foto ukuran kecil seperti ukuran 2R, mentok-mentok 3R. Kalau udah 4R kayaknya udah mulai pecah-pecah deh.

Semakin besar ukuran megapixelnya, semakin besar juga cetakan foto yang bisa dihasilkan. Siapa tau mau nyetak foto ukuran 10R gitu. Kalau kamera HPnya cuma 2MP atau 5MP, dicetak 10R sih setau gue udah pecah-pecah.

Nah, yang menentukan hasil foto bagus atau enggak itu ya tergantung kameranya, lensanya…

Buat gue pribadi, hasil foto yang bagus adalah yang terang dan warna sesuai aslinya, terus kalau dipindahin ke gadget lain, tarohlah ke komputer, hasilnya tetap sama dan bagus, gak pecah-pecah dan gak kayak cat air.

Dulu ketika masih marak HP kamera 3.2 MP dan 5MP, buat gue kamera yang hasil fotonya bagus sesuai dengan aslinya itu kamera HP Sony Ericsson K770i yang cuma 2MP. Itu mau dipindahin ke komputer, hasilnya tetap tajam, sesuai warna asli, gak pecah-pecah. Udah kayak dari foto kamera digital kualitas bagus. Dan pada waktu itu, ketika HP ini dibandingkan dengan HP kamera 3.2 MP dan 5MP lainnya, hasilnya tetap bagus yang Sony Ericsson K770i 2MP ini. Dari sini gue percaya, besarnya megapixel sebuah kamera HP gak menjamin hasil kualitas fotonya sama bagusnya.

Gak lama kemudian, ketika semua heboh dengan perbandingan kamera 5MP mana yang paling bagus, menurut gue ada satu HP Sony Ericsson seri C yang hasil fotonya mirip-mirip K770i. Tajam, jernih, dan bagus. Cuma lupa seri C berapa.

Nah, kalau sekarang ditanya kamera HP apa yang hasilnya bagus dimanapun, jawaban gue masih tetap iPhone. Sejauh ini kamera HP iPhone kalau dipindahin ke komputer, hasilnya tajam, terang, dan sesuai warna aslinya. Kedua Xiaomi mi4i. Hasil kameranya bagus banget dalam kondisi apapun, mau gelap atau terang. Dan ketika dilihat di komputer, hasilnya sama bagusnya.

Selebihnya ada yang bagus,tapi misalnya kalau foto siang hari aja. Kalau malam kurang bagus. Atau ada yang fotonya bagus tapi kalau di layar HPnya aja. Giliran dilihat di komputer misalnya, terlihat ada sedikit pecah-pecah atau seperti cat air.

Samsung yang harganya mahal, hasil fotonya terbilang bagus juga. Gue salut sama Samsung sekarang dengan kualitas fotonya.

Sony.. gue belum pernah ngeliat hasilnya yang ukuran gede lagi, jadi gak bisa berkomentar.

Inti dari postingan ini, besarnya megapixel gak menjamin kualitas foto kamera HP tersebut bagus juga… buat gue 🙂 Saran gue kalau mau beli HP baru dan tertarik dengan kameranya, kalau bisa, cobain HP second di counter HP atau coba di toko HPnya dulu. Ambil foto asal aja apapun itu, bluetooth-in ke HP kamu. Terus lihat di layar komputer. Biasanya kalau hasil fotonya memang bagus, di layar komputer pun hasilnya akan bagus dan gak mengecewakan.

Semoga postingan blog ini berguna 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s