Aplikasi Chatting di HP Android yang Boros Baterai

Di postingan blog kali ini, gue mau menjabarkan aplikasi chatting di HP Android yang menurut gue boros baterai. Jadi penilaian ini sifatnya subjektif. Tapi supaya adil, gue tetap mention kelebihan aplikasinya juga.

1. BBM
– BBM ini paling boros mengkonsumsi baterai. Bahkan ketika gak lagi dipakai pun baterainya berkurang. Selain itu bikin HP agak panas.
+ Karena pakai pin, enak dan berasa aman kalau mau dibagi-bagiin ke teman-teman atau orang lain. Gak ketahuan no.hpnya kan…

2. LINE
– LINE ini memakan memori internal HP yang cukup besar dan mengurangi baterai HP.
+ Pakai user ID, jadinya enak gak ketahuan nomer teleponnya. Tapi sekarang user ID bisa di-search pakai no. HP sih…
Selain itu bisa tau update status teman-teman dan ada people search nearby. Bisa kenalan sama orang lain deh. Dan karena sistemnya friend request, jadi bisa diaccept/enggak.

3. Whatsapp
– Whatsapp ini agak-agak nguras HP kalau pemakaiannya dalam jangka waktu yang lama. (Ya iyalah…)
+ Tampilannya yang simple bikin pemakaian aplikasi chatting ini paling mudah digunakan bagi siapa saja.

4. Telegram
– Gue gak terlalu banyak pakai Telegram, tapi sedikit lebih gak boros baterai ketimbang Whatsapp.
+ Tampilannya mirip Whatsapp, bedanya ini pakai user ID, jadi nomer teleponnya gak ketahuan.

5. LINE Lite
– Ga boros baterai karena benar-benar light. Hemat memori internal HP juga.
+ Tampilannya simple, mirip Whatsapp. Bisa dipakai buat chatting aja. Karena light, jadi gak menguras banyak baterai.

Nah, itu aplikasi chatting di atas yang gue pernah coba dan yang mana aja yang menurut gue bikin boros baterai.
Masing-masing aplikasi punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan sebetulnya, kelima aplikasi ini semuanya bagus dan gue suka.

Tapi yang dipakai sekarang cuma Whatsapp dan LINE Lite. Kalau mau chatting sama gue, leave a comment aja ya. Nanti gue kasih tau user ID LINE-nya 🙂

 

Leave a Reply

