Nonton Film Sully

Udah lama gak ngereview film nih…

Kali ini gue mau review film Sully. Kalau diliat dari poster filmnya, kirain ini film plane crash. But no, ini bukan film tentang plane crash. Ini film tentang crash landing. Dimana kelihatannya ada sedikit perbedaan dengan plane crash. Kalau crash landing, udah mendarat darurat tapi penumpangnya selamat.

Film Sully ini diangkat dari kisah nyata. Kalau kamu ngegoogling, kamu bisa lihat referensinya di US Airways Flight 1549 atau Miracle on The Hudson.

Ceritanya tentang seorang pilot bernama Chesley Sullenberger atau yang lebih dikenal dengan Sully, yang terbang dari LaGuardia airport menuju Charlotte Douglas airport bersama 154 awak lainnya. Keadaan berjalan mulus, sampai tiba-tiba ada sekumpulan burung yang terbang menghantam jendela dan kipas pesawat sampai rusak dua-duanya…

Kalau udah kayak gitu, pesawat udah gak mungkin terbang jauh, maka harus segera dilakukan pendaratan darurat. Nah, Sully, beserta co-pilotnya Jeffery Skiles, harus memikirkan gimana caranya supaya bisa mendarat dengan selamat dengan kondisi pesawat udah kayak gitu. Ada 3 opsi dan Sully memilih yang ketiga. Untungnya Sully ini orangnya cepat tanggap, optimis, dan dengan berbagai pengalaman terdahulunya, dia jadi bisa mengambil keputusan yang tepat dengan mengambil opsi ke-3, yaitu mendarat di Sungai Hudson.

Yak, Sully ini sudah berpengalaman menjadi pilot selama 40 tahun. Dia juga pernah bekerja di bidang militer, kalau gak salah sebagai pilot AU, seperti yang sempat digambarkan dalam salah satu scene. Jadinya udah tau seluk-beluk penerbangan.

Akhirnya pesawat pun mendarat dengan selamat dan dengan bantuan polisi kelautan, helicopter, dll, semua 155 penumpang termasuk pilot dan co-pilotnya selamat. Padahal waktu itu lagi musim dingin juga…

Nah, di film ini gak menceritakan cuma kejadian itu tok. Tapi juga pasca kejadian. Apa yang dilakukan Sully beserta Jeff dianggap sebagai kelalaian mengabaikan kemungkinan kalau pesawat bisa mendarat dengan sempurna tanpa kerusakan apapun kalau balik ke LaGuardia airport atau Teterboro airport, dilihat dari simulasi komputer.

Kebayang dong gimana perasaan Sully. Istilahnya udah nyelamatin banyak orang, masih harus diadili karena kejadian tersebut. Padahal penumpangnya pada menganggap dia pahlawan.

Akhirnya Sully dibantu dukungan co-pilotnya, Jeff, memikirkan bagaimana caranya supaya jangan sampai keputusan akhir pengadilan menyatakan dia bersalah.

Nah, penasaran kan gimana kisah akhir cerita Sully di film ini? Makanya nonton aja. Raaammmeee..

Walaupun film Sully ini termasuk dalam kategori film drama, tapi bukan drama yang sepanjang film ngomong terus sampai penontonnya bisa-bisa ketiduran 😀 Masih inget film Flight? Film ini sedikit mirip dengan film tersebut di mana sang pilot berhasil mendaratkan pesawat terbang dalam kondisi kritis dan menyelamatkan para penumpangnya.

Bedanya kalau film Flight itu rame dan tegang di awal film, sisanya ngomong terus sampai film beres. Kalau film Sully ini alurnya maju-mundur-maju-mundur. Jadi mungkin di saat udah mau mulai ngantuk ngomong mulu, tiba-tiba flashback kejadiannya, terus balik lagi ke pasca kejadian, ngomong lagi, terus flashback lagi.. Pas flashbacknya itu gak digambarin langsung semuanya. Bertahap. Makanya walaupun ini film drama, penonton gak dikasih ruang waktu untuk be right back tidur 5 menit dulu atau malah mainin HP lama-lama. 🙂 Entar kelewat banyak scene menarik atau kelewatan ceritanya yang bagus.

Sutradara Clint Eastwood (yang juga merupakan aktor terkenal), menurut gue amat sukses mengarahkan para pemainnya. Semua aktingnya pol, berasa chemistrynya satu sama lain. Apalagi Tom Hanks yang berperan sebagai Sully. Setelah beres film ada post-credit scene di mana pilot yang asli beserta para penumpangnya ada di situ. Gue liat sosok Sully. Ganteng, karismatik, berwibawa, dan optimistik. Tom Hanks berhasil memerankan sosok Sully yang asli. Kemudian backsound, script, dan juga pengambilan gambarnya. Sungguh real seperti pas kejadian tersebut. Ketika penggabungan foto dan video yang diambil dari aslinya, nyaris tidak terlihat kalau di film ini adalah buatan filmnya.

Source : Google

Source : Google

Hanya ada beberapa pertanyaan yang terlintas di kepala gue:

  1. Di awal film digambarkan pesawatnya crash nabrak gedung. Tapi aslinya fine-fine aja… Gak ada nabrak gedung. Kenapa Sully sempat membayangkan hal tersebut ya? Atau ada gambaran scene seperti itu?
  2. Mendekati akhir film di persidangan akhir ada scene Sully tetelponan sama istrinya, terus istrinya itu kelihatan kayak lagi ngepak barang. Itu sebenernya maksudnya gimana? Istrinya tadinya berpikir mau meninggalkan Sully dan rumahkah? Mengingat di awal film sempat diceritakan masalah keuangan keluarga juga.
  3. Di post-credit scene itu sebenarnya ada Jeff Skiles, sang co-pilot yang asli juga gak? Gue cuma noticenya Sully saja. Karena buat gue, Jeff juga pahlawan, udah ngebantuin Sully dalam membuat keputusan pas kejadian tersebut.

Terlepas dari pertanyaan-pertanyaan tadi, sekali lagi, menurut gue ini film bagus.

Buat yang mau nonton film ini, please agak-agak baca sinopsisnya dulu… Paling enggak tau kalau ini diangkat dari kisah nyata. Karena sebelah gue pas nonton bolak-balik komentar terus… “Ini nyata gak sih? Dari buku?” atau “kenapa kok dia begini dan begitu?” atau pas ngeliat reaksi penumpang yang happy karena selamat malah komentar “kok dia seneng amat sih?” Rasanya pengen gue terangin semuanya ke dia. Belum pernah ngalamin turbulence kali ya?

Bisa jadi gue bilang film ini bagus juga, di luar hal-hal bagus yang gue sebutkan di atas, karena gue pernah mengalami turbulence hebat ketika naik pesawat, sampai-sampai pas ngumumin ke penumpang, suara pramugarinya bergetar kemudian hilang, gak sampai ngeberesin kalimatnya. Pesawatnya gak berenti bergetar naik-turun kayak lagi naik rollercoaster. Dan itu berlangsung selama 2 jam. Jadi gue bisa ngerasain gimana rasanya bahagianya ketika pesawatnya sudah mendarat. (lho kok malah curcol? :))

Anyway… di tengah film-film lainnya yang sedang beredar saat ini, mulai dari film anak-anak sampai film zombie, film Sully ini bisa dijadikan pilihan untuk ditonton 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s