Software Update HP, Perlukah?

Jadi sekitar beberapa minggu yang lalu, di HP gue mulai muncul notifikasi untuk mengupdate software. Yang diupdate apa aja gak tau. Pokoknya softwarenya diupdate aja..

Awalnya gue gak tertarik buat ngupdate. Khawatir malah bikin HP rusak jadi alasan yang paling utama. Guepun memilih “never remind me” biar itu notifikasi kagak muncul-muncul lagi. Ehhh.. gak ngefek tapi. Tiap hari itu notifikasi tetep muncul. Lama-lama ganggu juga karena agak-agak nurunin persenan batere.

Akhirnya gue nanya ke rekan kerja yang mempunyai hp dengan merej yang sama, amankah mengupdate software? Dia jawab iya. Malah bikin hp lebih bagus. Lebih smooth. Setelah mengetahui hal itu, dan ga betah keluar notifikasi yang memakan batere terus, akhirnya gue putuskan untuk mengupdate softwarenya.

Hasilnya? Bikin wahh pada awalnya…

Pros :
– Beneran sedikit lebih smooth.
– Tulisan Google di Home screen jadi berwarna. (sebelumnya hitam doang)
– Gak ada masalah viewing video di YouTube lagi (sebelumnya kalau udah beberapa kali view, gak bisa view lagi.. dan ada kalanya ngepost comment gak muncul).
– Internet sejauh ini lebih lancar. Gak tiba-tiba mati walaupun sinyal ada.

Tapi kesenangan itu cuma berlangsung beberapa hari doang. Karena setelah hp dimatikan dan dinyalakan lagi, gue nemuin masalah baru yang gak gue tau atau terlihat sebelumnya.

Cons :
– Setelah switch on HP, beberapa icon application hilang dari Home Screen. Jadi harus didrag dari Menu Screen. Setiap kali switch on HP selalu begitu, dan ganti-ganti icon yang hilangnya.

– Sekarang gak cuma icon app saja yang hilang, tapi mendadak icon app yang ada ketika switch on HP berubah tulisannya jadi ngebold, gambarnya juga agak pixelated kalau ngebold gini. Dan gak bisa diremove dari Home Screen.

– Ada perubahan warna di layar. Jadi jauh jauh lebih kontras untuk semua warna, terutama warna merah. Awalnya gue bingung kenapa foto-foto di Instagram yang warna merah pada mentereng semua mencolok mata. Biasanya enggak. Kirain yang ngepos ngeditnya berlebihan. Tapi ternyata pas ngecek di layar gadget lain, gak mentereng warna-warnanya. Ternyata bawaan dari HP ini yang bikin semua warna, terutama warna merah mencolok mata. 😦

– HPnya lebih ngebright daripada sebelum update software. Bahkan walaupun udah mentok digelapin. Tetap cukup terang. Menyilaukan mata.

Itulah keluhan yang gue dapat setelah update software dan menurut gue jadi sangat mengganggu.

Jadi perlukah update software?
Jawabannya iya, kalau matanya gak sensitif sama perubahan di layar.

Kalau matanya sensitif, apalagi sama yang terang-terang, hasilnya setelah software update ini jadi bikin gak enak dilihat dan menyilaukan. Dan sayangnya… kalau udah software update, mau dibalikkin ke software semula lewat factory reset, tetap gak ngefek.

Alhasil sekarang harus sabar tiap kali memakai HP ini… .____.

Advertisements

One thought on “Software Update HP, Perlukah?

  1. Pingback: Aplikasi Night Mode untuk Mengurangi Brightness Layar HP – prulineblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s